Melihat Posisi Telkom University dari Akreditasi, Peringkat Universitas dan Prestasi

0
4348
Posisi Telkom University
Posisi Telkom University (sumber: grundyhome.com)

Berawal dari sebuah email orang tua mahasiswa yang meminta bantuan AnakTelkom.com untuk menunjukan cara mengetahui informasi akreditasi, peringkat universitas dan prestasi kampus tercinta Telkom University,  akhirnya kami memutuskan untuk membuat artikel ini.

Akreditasi Program Studi di Telkom University

Untuk mengetahui akreditasi semua program studi yang ada di Telkom University sebenarnya tidak sulit. Hanya saja bagi beberapa orang, mencari informasi di website resmi Telkom University menjadi tantangan tersendiri.

Informasi akreditasi ini kami temukan di tiga lokasi, yaitu:

  1. Halaman Akreditasi di Website Resmi Telkom University
  2. Halaman Akreditasi di Website Resmi BAA (Bagian Administrasi Akademik) Telkom University
  3. Halaman BAN-PT Kemdiknas

Berdasarkan hasil pencarian di halaman BAN-PT, kami harus menggunakan dua kata kunci (Telkom University dan Institut Teknologi Telkom) untuk menemukan semua akreditasi program studi.

Jika kita melihat dari daftar akreditasi program studi, Telkom University memiliki 30 program studi dengan detail akreditasi sebagai berikut:

  1. 11 program studi terakreditasi A
  2. 16 program studi terakreditasi B
  3. 3 Program studi baru dengan akreditasi C

Demi memudahkan para pembaca AnakTelkom.com yang ingin mencari informasi akreditasi program studi yang ada di Telkom University, kami mencoba membuat menu “Akreditasi Program Studi” tepat dibawah menu “Link Penting Kampus”.

Peringkat Universitas

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Repbulik Indonesia Nomor 492.a/M/Kp/VIII/2015 Tentang Klasifikasi dan Pemeringkatan Perguruan Tinggi di Indonesia Tahun 2015.

Telkom University (dengan nama Universitas Telkom) berada pada peringkat 81 dari 3320 universitas. Klasifikasi dan pemeringkatan ini dinilai berdasarkan Kualitas SDM, Kualitas Manajemen, Kualitas Kegiatan Mahasiswa dan Kualitas Penilitian & Publikasi.

Klasifikasi dan Pemeringkatan Perguruan Tinggi Tahun 2015
Klasifikasi dan Pemeringkatan Perguruan Tinggi Tahun 2015 (sumber: http://www.dikti.go.id/sk-klasifikasi-dan-pemeringkatan-perguruan-tinggi-di-indonesia-tahun-2015/)

Berdasarkan tabel diatas, Telkom University hanya mendapatkan skor total sebesar 1.912 dengan detail nilai untuk masing-masing kriteria adalah sebagai berikut:

  1. Kualitas SDM: 2.55
  2. Kualitas Manajemen: 2.4
  3. Kualitas Kegiatan Mahasiswa: 0.0
  4. Kualitas Penelitian dan Publikasi: 1.4

Berikut ini adalah daftar universitas yang menempati peringkat 1-10 pada daftar klasifikasi dan pemeringkatan perguruan tinggi di Indonesia Tahun 2015:

  1. Institut Teknologi Bandung
  2. Universitas Gadjah Mada
  3. Institut Pertanian Bogor
  4. Universitas Indonesia
  5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  6. Universitas Brawijaya
  7. Universitas Padjadjaran
  8. Universitas Airlangga
  9. Universitas Sebelas Maret
  10. Universitas Diponegoro

Jika melihat daftar lengkap klasifikasi dan pemeringkatan tersebut, Telkom University masih memiliki banyak PR untuk meningkatkan peringkatnya di Indonesia berdasarkan keempat kriteria yang ditetapkan oleh Dikti.

sumber: dikti.go.id

Peringat Internasional

Beberapa website seperti The Higher Education University Ranking (THE), QS Top University dan Academic Ranking of World University mungkin bisa digunakan sebagai acuan untuk melihat posisi Telkom University di dunia.

Peringkat Webometric (berdasarkan konten website)

Pemeringkatan lain yang sering digunakan oleh sebagian besar universitas adalah webometric yaitu sebuah pemeringkatan berdasarkan konten website universitas.

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari website resmi Webometric, Telkom University menduduki peringkat 23 di Indonesia. Sedangkan untuk skala asia, Telkom University masih perlu meningkatkan jumlah kontennya secara signifikan.

Peringkat Webometric Telkom University
Peringkat Webometric Telkom University (sumber: http://www.webometrics.info/en/Asia/indonesia)

Prestasi Telkom University

Harus diakui memang tidak mudah menemukan daftar prestasi yang telah dicapai oleh mahasiswa Telkom University di website resmi Telkom University.

Beberapa konten yang ada di website resmi Telkom University menggunakan istilah atau bahasa inggris sehingga perlu usaha lebih bagi orang tua atau masyarakat yang belum mengetahui istilah atau bahasa inggrisnya.

Prestasi yang telah dicapai oleh para mahasiswa Telkom University sebenarnya sudah terdokumentasikan dalam bentuk berita di website utama Telkom University dan di website resmi Direktorat Kemahasiswaan Telkom University.

Berita prestasi ini berada di menu “Champion” lalu pilih submenu “Prestasi Mahasiswa”.

Prestasi Mahasiswa Telkom University
Prestasi Mahasiswa Telkom University

Kami sendiri belum menemukan daftar prestasi mahasiswa dalam bentuk tabel yang dianggap lebih mudah untuk dibaca dan dilihat. Tetapi dari sini kami mendapatkan ide untuk melakukan pendataan prestasi mahasiswa Telkom University dan disajikan dalam bentuk tabel.

Terlebih beberapa pesan yang sempat masuk ke email AnakTelkom.com, pernah ada yang meminta untuk melakukan hal ini untuk melihat seberapa banyak prestasi yang ditorehkan oleh mahasiswa Telkom University:

  1. di perlombaan tingkat nasional
  2. di perlombaan tingkat internasional
  3. di perombaan yang berkaitan dengan ICT
  4. di perombaan yang tidak berkaitan dengan ICT

Dengan begitu para pembaca dan masyarakat bisa melihat seberapa banyak prestasi ICT yang dicapai oleh Telkom University yang menyematkan diri sebagai kampus ICT.

Semoga artikel ini bisa membantu para pembaca serta orang tua mahasiswa yang pernah menanyaka hal ini kepada kami.