Mengangkat “Segudang” Permasalahan di Kampus Telkom University

3
1333
Kupas Kampus
Kupas Kampus (Sumber : http://www.danielthedealcloser.com)

Liburan semester Genap kemarin menjadi momen yang sangat berharga bagi tim AnakTelkom.com.

Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada teman-teman yang masih peduli terhadap kampus tercinta dengan mengirimkan “segudang” cerita dan unek ke email AnakTelkom.com.

Menuliskan artikel yang berusaha mengangkat “segudang” permasalahan di kampus Telkom University dengan tujuan untuk membuat kampus tercinta kita agar menjadi lebih baik tidaklah mudah.

Kami sepakat dan setuju bahwa mengangkat tema tersebut bukanlah untuk menjelek-jelekan nama kampus kita.

Menuliskannya dengan sistematis, elegan dan sopan adalah salah satu cara untuk mengajak diskusi seluruh mahasiswa/i Telkom University secara positif.

Sejak kami mulai menerima banyak email “curhat” dari berbagai pihak, baik anonim maupun non-anonim yang harus rahasiakan, tim AnakTelkom.com berusaha berhati-hati untuk menulis permasalahan ini.

Kami tidak ingin semangat dan energi muda ini berubah menjadi “brutal” dan membabi buta yang membuat niat baik berubah menjadi bumerang.

Sekali lagi rangkaian artikel yang akan kami tulis ini merupakan bentuk kepedulian positif kami terhadap kampus tercinta agar terus menjadi lebih baik.

Mengapa Permasalahan Kampus harus dibahas (oleh AnakTelkom.com) ?

Permasalahan yang terjadi di kampus sangat perlu dibahas sebagai bahan pertimbangan. Terlebih jika kita sebagai mahasiswa setidaknya mampu memberikan kontribusi positif berupa saran dan masukan.

Pada artikel-artikel berikutnya, AnakTelkom.com berusaha untuk mengupas beberapa permasalahan yang telah dipilih dan juga menyediakan saran dan masukan yang sebenarnya berasal dari mahasiswa/i Telkom University sendiri.

Dengan harapan bisa menjadi bahan pertimbangan perbaikan bagi kampus tercinta.

Lalu mengapa harus dibahas oleh AnakTelkom.com ?

Kampus kita sebenarnya telah memiliki media jurnalistik yang dikelola mahasiswa. Selain itu juga kita memiliki organisasi mahasiswa seperti HIMA dan BEM.

Hanya saja, semua pihak diatas cenderung sangat berhati-hati atau bahkan tidak berani menuliskan permasalahan nyata yang ada.

Kalau-pun media jurnalistik kampus pernah memberitakan permasalahan nyata yang ditemukan dilapangan, berita tersebut cenderung hanya ditulis untuk menambah berita saja. Sehingga isi berita hanya sekedar memberitakan saja. Tidak mengandung sesuatu yang bisa menggugah atau menggelitik pihak yang berkepentingan.

Lalu bagaimana dengan HIMA ?

Berdasarkan observasi dan diskusi Tim AnakTelkom.com sebagian besar HIMA fokus terhadap kegiatan internal mereka (mencari Danus, merencanakan dan melaksanakan kegiatan HIMA, dsb) atau sibuk dengan kompetisi yang bisa diikuti oleh para anggotanya.

Sedangkan BEM, walaupun harus kita apresiasi beberapa usaha yang akan, sedang dan akan dilakukannya, sepertinya BEM juga tampak sangat berhati-hati dan cenderung tidak “bertaring” untuk permasalahan internal kampus.

Kami menyadari mereka-pun mahasiswa seperti Tim AnakTelkom.com. Yang masih perlu fokus dan sibuk dengan perkuliahan ketika semester-an sudah berjalan.

Hal lainnya adalah dengan tingkat kematangan BEM saat ini, harus kita akui bahwa ikut mengurus dan menangani permasalahan “Rakyat Indonesia” rasanya masih cukup berat dan jauh dari harapan.

Terlebih jika masih kekeuh ingin ikut menangani permasalahan bangsa tersebut untuk jangka panjang.

Kami sangat memantau Kinerja BEM yang memiliki jumlah menteri plus staffnya yang mencapai 111 Orang (Baca juga : 8 Alasan Mengapa BEM Telkom University Belum diperlukan)

Pembahasan masalah BEM akan dilakukan secara terpisah dengan menganalisa hal-hal yang bisa kita lihat secara publik seperti Website resmi, informasi dari Sosial Media dan media-media lainnya.

Selain itu Tim akan mencoba memetakan beberapa hal seperti :

  1. Permasalahan-permasalahan yang belum mampu diselesaikan oleh BEM kita hanya untuk sekedar memberikan gambaran bahwa mengurus satu NEGARA itu sulit loh. #CobaDehAtasinOrmasYangBerantemKemaren
  2. Rendahnya idealisme mantan pengurus organisasi mahasiswa kampus.

Edisi BEM #SosialMediaDanChatBanget

Permasalahan Kampus yang akan Dibahas

Dirasa atau tidak dirasa sebenarnya ada banyak masalah yang terjadi berulang atau masalah yang berkaitan dengan “kerumitan” selama kita hidup di kampus tercinta kita.

Dari masalah kecil hingga besar. Sertidaknya Tim AnakTelkom.com berhasil mengidentifikasi beberapa masalah tersebut. Hasil dari ngobrol langsung dengan beberapa teman dan cerita-cerita curhat yang dikirim melalui email.

Apa saja sih masalahnya ?

  1. Permasalahan yang terjadi di setiap masa Registrasi setiap semester.
  2. Permasalahan yang terjadi pada perkuliahan seperti (jadwal kuliah hingga akhir minggu, RFID, dsb)
  3. Permasalahan yang terjadi ketika kita ingin berprestasi (proposal lomba, pendanaan, dsb)
  4. Permasalahan yang terjadi ketika kita memasuki masa Geladi dan Kerja Praktik
  5. Permasalahan kecil seperti mengurus penggantian KTM yang hilang, parkir motor, dsb
  6. Benarkah kampus kita sudah optimal dalam menggunakan ICT untuk memudahkan berbagai macam proses ?
  7. Permasalahan pengadaan barang dikampus.
  8. Permasalahan Website kampus, internet kampus, dsb.
  9. Permasalahan UKM dan organisasi mahasiswa yang ada di kampus.

Tim AnakTelkom.com akan mencoba memunculkan beberaa pertanyaan kritis yang mengajak kita semua merenung dan berfikir : “Mengapa seperti itu ? mengapa belum bisa diatasi ? dsb”

Yuk kita berdiskusi secara positif untuk permasalahan kampus ini. Artikel-artikel selanjutnya akan kami terbitkan jika diangap sudah matang dan layak untuk dipublikasi sebagai bahan diskusi.

We Are a Big and Great Familiy.

Salam AnTek

  • melihat perbedaan

    saya masih berstatus maba di telkom min dan keluhan yang dirasakan hingga saat ini adalah belum optimalnya penggunaan ICT di kampus seperti absen ‘tap’ gitu masih sering bermasalah kemudian wifi ‘tune’ yang sangat tidak layak untuk digunakan

    btw,anak telkom ini bukan buatan ukm jurnalis di kampus ya?

    • Betul gan.. kita sedang menyusun artikelnya supaya tetap santun. Kita kebetulan bukan UKM jurnalis.

      Kita berada diluar lingkaran. Agak sulit untuk kritis kalau berada di dalam lingkaran.

      Btw Thx masukannya. Tunggu artikel dari kami. Demi membuat kampus kita lebih baik

  • Pingback: Reportase parkiran Tel-U –()