Kajian Kritis Anak Telkom – Insiden Campus Nation, Pelajaran Bagi Kita Semua

5
1146
Anak Telkom Putih
Anak Telkom Putih

Insiden acara Campus Nation yang terjadi beberapa hari terakhir menjadi pelajaran berharga bagi kita semua.

Sejak 7 jam lalu, Mimin AnakTelkom.com yang sedang sibuk bekerja di ibukota, mengajak seluruh Tim-nya untuk berdiskusi secara online membahas secara kritis insiden tersebut.

Kita sebagai tim freelance AnakTelkom.com sangat berterima kasih dan bersyukur memiliki seorang alumni sekaligus senior seperti Mimin yang masih peduli terhadap almamaternya.

Walaupun hanya sekedar melalui tulisan kritis yang selalu dituliskan melalui AnakTelkom.com. Bagi kami hasil diskusi semalam benar-benar membuat otak dipacu terus untuk berfikir kritis positif oleh mimin.

Pada pagi hari ini, sebagian besar tim AnakTelkom.com memutuskan untuk menuliskan pelajaran berharga dari diskusi semalam. Kami berfikir, mungkin jika diskusi semalam dituangkan kedalam tulisan, juga bisa memberikan manfaat bagi teman-teman.

Pelajaran Berharga Bagi Kampus Tercinta Telkom University

Kami mengakui, mengurus sebuah lembaga pendidikan sebesar Telkom University serta mengawasi setiap kegiatan yang dilakukan mahasiswa/i-nya bukanlah pekerjaan mudah.

Kami sangat berterima kasih dan menghargai semua usaha yang dilakukan kampus tercinta untuk mendidik kami. Hanya saja insiden acara Campus Nation kemarin menyisakan beberapa pertanyaan dan membuat kami merasa perlu memberikan sedikit masukan.

Surat Edaran belum/tidak dipublikasikan di Website Resmi Telkom University ?

Sebagai respon terhadap acara Campus Nation, Telkom University mengeluarkan Surat Edaran Nomor : 652/AKD34/BKA/2016 yang ditanda-tangan oleh Direktur Kemahasiswaan.

Baca juga : Respon Telkom University terhadap Acara Campus Nation

Kami semua sangat menghargai respon kampus terhadap kegiatan yang tidak sesuai dengan tujuan pendidikan dan harapan orang tua.

Tetapi sungguh sangat disayangkan. Jika memang hal tersebut merupakan hal yang sangat penting, demi kebaikan seluruh mahasiswa Telkom University dan untuk mengklarifikasi berita yang salah yang telah beredar di masyarakat, “Mengapa Surat Edaran tersebut tidak juga DIPUBLIKASIKAN di WEBSITE RESMI TELKOM UNIVERSITY ?”

Hingga pagi ini kami juga masih kesulitan menemukan bentuk publikasi serius dari Surat Edaran tersebut sebagai Respon Tegas dari kampus Telkom University.

Kami sudah mencoba mencari pada Website berikut ini :

  1. Website resmi Kampus Telkom University
  2. Website resmi Direktorat Kemahasiswaan Telkom University

Kami hanya menemukan Surat Edaran tersebut pada akun Facebook Resmi Telkom University. Berikut adalah screen capture dari halaman facebook tersebut.

Surat Edaran di Facebook Telkom University
Surat Edaran di Facebook Telkom University

Dan yang sangat kami sayangkan adalah kalimat tidak resmi yang digunakan pada pemberitahuan resmi di akun resmi.

Sangat jelas terlihat bahwa kalimat pemberitahuan yang tertulis adalah : “Untuk dipethatikan bg mhsw/i Tel-U…”

Mungkin sebaiknya seluruh pengelola akun Resmi Telkom University bisa menggunakan bahasa resmi untuk semua pemberitahuan yang dipublikasikan.

Hal ini sangat penting karena sangat erat terkait dengan sebuah bentuk profesionalisme dan keseriusan kampus sebesar Telkom University.

Benarkan insiden tersebut serius ? coba teman-teman simak screen capture dari instagran tekom_hitz yang sempat diabadikan:

Komentar di Instagram telkom_hitz
Komentar di Instagram telkom_hitz

Komentar pbimantar4 seharusnya bisa menjadi pertimbangan kampus untuk bisa bertindak lebih serius.

Kampus Belum Mampu Mengakomodasi “Kreatifitas” dan Eksistensi Mahasiswa/ Telkom University

Jika kita melihat lebih jauh beberapa akun line, instagram, dsb yang men-“catut” nama dan logo Telkom University, harus kita akui bersama bahwa ada potensi yang LUAR BIASA BESAR di Telkom University.

Melihat potensi yang begitu besar, membuat banyak pihak “tergoda” untuk menjadikan kampus Telkom University sebagai pangsa pasar.

Telkom Hitz adalah salah satu akun line legendaris yang banyak dikenal oleh hampir sebagian besar mahasiswa/i Telkom University.

Juga harus kita akui bahwa dijaman sekarang, semua orang yang mengetahui potensi, akan berusaha mengkonversi POTENSI tersebut menjadi PROFIT (A.K.A UANG).

Telkom University yang selalu menggadang tag line “Leading in ICT” seharusnya bisa meng-capture potensi mahasiswa yang dimilikinya dan membuat sesuatu untuk mengakomodasinya.

Sayangnya, hampir semua ICT yang dimiliki kampus Telkom University belum bisa memenuhi kebutuhan “kreatifitas” mahasiswa/i-nya.

Selain itu, bisa jadi Telkom University belum memahami anak didiknya sendiri sehingga ada banyak pihak lain yang berusaha memahami kebutuhan tersebut dan mengakomodasinya.

Kita juga tidak bisa menyangkal bahwa uang menjadi salah satu penggerak bagi telkom_hitz maupun bagi acara campus nation.

Hayo siapa coba yang tidak tertarik untuk bisa mendapatkan “Profit” dari mahasiswa Telkom University yang sebagian besar dari kalangan menengah keatas ?

Perlu bukti ? coba teman-teman simak coba teman-teman simak screen capture berikut ini:

Pernyataan hanya sekedar paid promote
Pernyataan hanya sekedar paid promote

Jika melihat gambar diatas, bisa kita simpulkan : “Money still everything

Kita tidak pernah tahu persis apakah admin telkom_hitz itu alumni atau bukan. tetapi mungkin hanya karena uang atau khilaf, promosi konten apapun tetap akan dipublikasi.

Tidak peduli walaupun itu akan membawa dampak negatif bagi banyak orang.

Ini Bukan Hanya Sekedar Penggunaan Nama dan Logo Mirip Telkom University!

Berdasarkan diskusi seluruh Tim AnakTelkom.com, kami berharap tindakan tegas yang akan dilakukan oleh pihak Kampus bukan hanya berdasarkan penggunaan nama dan logo mirip Telkom University.

Kita semua bisa bertanya kepada diri kita semua:

  1. Mengapa kejadian ini terjadi ?
  2. Jika memang benar ada banyak mahasiswa/i Telkom University yang ikut pada kegiatan “dugem” tersebut, ada apa dengan lingkungan pendidikan kampus ?
  3. Apakah jadwal kuliah dan praktikum yang padat justru tidak cukup membuat sebagian besar mahasiswa/i fokus pada studinya ? atau malah jenuh karena tidak ada kesempatan untuk “refreshing“, melakukan kegiatan positif diluar kuliah ?
  4. Bagaimana hal ini bisa terjadi pada mahasiswa/i Telkom University yang konon diseleksi dengan ketat ?

Mencari akar permasalahan akan jauh lebih bijak ketimbang melakukan tindakan tegas untuk menunjukkan keseriusan kampus tetapi tidak efektif.

Pelajaran Berharga Bagi BEM Telkom University

Salah satu alasan munculnya AnakTelkom.com adalah untuk mencegah terjadinya kembali beberapa aktifitas organisasi kemahasiswaan yang bisa merusak nama baik kampus. Seperti yang dilakukan oleh BEM pada tahun sebelumnya.

Baca juga : PencitraanKah? Aksi TUTUP MATA Presma BEM TEL-U

Belum lama ini juga masih teringat dengan jelas sebuah status sosial media yang cukup keras yang dipublikasikan oleh pucuk pimpinan dari organisasi kemahasiswaan kampus Telkom University.

Berikut cuplikannya :

Ya Kami Anak Bangsamu!
Kami anak bangsamu, yang terlahir di tanahmu
Kami anak bangsamu, yang cinta akan sejarah Nusantaramu

Sudah semenjak remaja, kami ikuti langkah-langkah demokrasimu
Kami coba pahami jalan pikirmu yang selalu mengedepankan kepentingan rakyatmu

Tlah 71 tahun kini usiamu
Usia yang tak patut lagi untuk merangkak
Usia yang seharusnya memberikan banyak generasi emas

Apa yang ramai dibicarakan di usiamu kini? Tentang menteri ESDM mu yang ramai di media?
Kami yakin, Pak Joko Widodo yang bukan orang baru di kancah perpolitikan pun takkan ceroboh melakukan ini
Kami yakin, Pak Arcandra pun takkan sengaja melakukan kesalahan ini demi jabatan

Kami hanya bisa berdoa. Semoga Pak Joko Widodo lebih serius lagi mengani bangsamu ini. Lebih mementingkan memajukan pembangunan daripada citra dirinya. Lebih mementingkan kesejahteraan sosial daripada kenyamanan kursinya di istana. Kami trus berdoa

Beruntung atlet badminton tlah menorehkan namamu di Brazil sana. Sehingga rakyatmu tidak terus terpuruk dengan berita presidennya
Terakhir, kami ingin menitip pesan ke presiden bangsamu tadi
‘Tuk pak Presiden, jangan khawatir, kami anak bangsa takkan hanya diam melihat semua masalah bangsa ini. Selain berdoa, tentu kami akan bertindak
Jika tak bisa bertindak dengan tangan kanan, maka kami lakukan dengan tangan kiri. Jika tak bisa dengan kaki kanan, maka kami lakukan dengan kaki kiri. Jika tak bisa dengan mulut, maka hati kami akan terus mengutuk siapapun yang mendzolimi bangsa ini

#IndonesiaBukanMainan
#KabinetGagal

Hidup Mahasiswa!
Hidup rakyat Indonesia!

Bandung, HUT RI ke-71

Gajah di Pelupuk Mata Tidak Terlihat, Semut di Seberang Lautan Terlihat Jelas

Ketika tim AnakTelkom.com menelusuri akun line dan instagram telkom_hitz, ternyata BEM Telkom University pernah eksis di telkom_hitz.

Berikut ini adalah beberapa posting yang kami dapatkan dari telkom_hitz:

Konsolidasi Nasional Forum Perempuan Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia
Konsolidasi Nasional Forum Perempuan Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia
Makrab BEM KEMA Telkom University
Makrab BEM KEMA Telkom University

Hal ini tentu menimbulkan banyak pertanyaan bagi kami:

  1. Jika BEM pernah eksis di telkom_hitz, bukankah berarti ada atau banyak anggota bahkan kementrian yang tergabung pada group telkom_hitz ?
  2. Jika ada yang tergabung, mengapa tidak ada tindakan atau respon tegas mengenai kegiatan yang tidak sesuai dengan tujuan pendidikan yang dipublikasikan di telkom_hitz ?
  3. Apakah BEM hanya sensitif terhadap permasalahan negara yang jauh lebih besar dan nun jauh disana sehingga permasalahan di “dalam” negeri sendiri banyak tidak terlihat ?
  4. Jika kabinet dan staffnya yang berjumlah ratusan orang dianggap tidak efektif, mengapa tidak lakukan saja perampingan kabinet atau lakukan reshuffle kkabinet ? toh menteri BEM tidak ada yang memiliki paspor ganda!
  5. Mana laporan 100Hari-ya #Eh ? Supermen #Eh ?
  6. Mana laporan kajian publik tariff interkoneksi #Eh #Eh ?
  7. Hayo open government -nya mana #Eh #Eh?
  8. Why ?  WHY ? WHY ?

#BEMTelkomBukanMainan
#KabinetKitaBangetGagalBanget?

Hidup AnakTelkom!
Hidup mahasiswa Telkom!

Bandung, HUT Telkom University ke-3

Salam AnakTelkom

We Are Great and Big Family

  • Muhammad Luthfi Ramadhan A R

    ” Salah satu alasan munculnya AnakTelkom.com adalah untuk mencegah
    terjadinya kembali beberapa aktifitas organisasi kemahasiswaan yang bisa
    merusak nama baik kampus. Seperti yang dilakukan oleh BEM pada tahun
    sebelumnya. ”

    terus korelasi sama acara ‘hore-hore’ ini apa ya min? emang ada approval dari BEM? apa gara-gara BEM? apa yang merusak nama baik Tel-U aktifitas dari BEM (saat ini)?

    korelasi munculnya postingan kegiatan BEM di telkomhitz sama adanya anak BEM yang jadi admin itu gmana ya min? kalo ada kegiatan UKM yang diposting di telkomhitz, apa itu tandanya adminnya salah satu dari anggota UKM?

    Kok saya bingung ya sama akhir postingan ini, 😀

    • Hahahah.. berarti agan lufti bacanya serius dan direnungi..

      Sip.. 😀 hmm jawabannya apa ya..

    • Sebenarnya paragraf terakhir ingin mengungkapkan kekecewaan saja terhadap BEM.

      Walaupun acara tersebut tidak melalui approval BEM tetapi kita melihat BEM mungkin mengetahui ada iklan tersebut di telkom_hitz tapi tidak ada tindakan atau sikap apapun.

      Tetapu kalau masalah negara, sensitifnya ampun-ampunan.

      • Muhammad Edwin

        Boleh kecewa hanya saja jangan asal menyangkut pautkan dengan yang lain.
        Di paragraf terakhir poin 1 itu terkesan aneh menurut saya karena berdasarkan akun official telkom_hitz di Line (saya ga follow mereka di Instagram), mereka sering memposting kegiatan-kegiatan UKM. Tapi kenapa ketika ada posting mereka tentang kegiatan BEM kenapa muncul statement “berarti ada atau banyak anggota bahkan kementrian yang tergabung pada group telkom_hitz?” ?
        Kan kesannya poin 1 itu dibuat untuk sekedar melengkapi “pembenaran” kekecewaan temen-temen di AnakTelkom.com terhadap BEM.

        Saran sih lebih baik di kaji ulang untuk poin itu atau mungkin satu paragraf terakhir itu karena jangan sampai kesannya menggiring opini bahwa bahwa BEM (saat ini) ikut andil besar dalam telkom_hitz dan acara ‘hore-hore’ ini.

        • Saran yang bagus. Tetapi pada poin terakhir yang ingin kita angkat adalah bukan BEM ikut andil pada acara tersebut, tetapi ada kemungkinan bahwa ada anggota BEM yang join di group line telkom_hitz.

          Semua orang atau akun yang join di group telkom_hitz pasti akan mendapat atau mengetahui konten yang dipublikasikan oleh telkom_hitz.

          So ini bukan penggiringan opini.