7 Hal yang Tidak Nyaman yang Akan Membuat Kita Sukses

0
1649
Inspirasi - 8 Hal yang Tidak Nyaman yang Akan Membuat Kita Sukses

Sukses adalah kata “sakti” yang bisa menggambarkan sebuah pencapaian yang sangat diharapkan oleh banyak orang.

Arti sukses sangatlah relatif dan berbeda-beda bagi setiap orang.

Ada yang mengaitkan sukses dengan kebahagiaan, ada yang mengaitkan dengan materi, ada yang mengaitkan dengan posisi ditempat kerja dan masih banyak lagi.

Apapun arti sukses bagi anda, mewujudkannya memerlukan sebuah usaha yang serius.

Ada sebuah Quote bagus yang bisa menggambarkan ke-sukses-an ini :

“Success Doesn’t Come and Find You, You Have to Go Out and Get It.”

Pada artikel ini akan dibahas mengenai 7 Hal yang Tidak Nyaman yang Akan Membuat Kita Sukses. Yuk simak kedelapan hal tersebut :

1Bangun Lebih Awal

Bangun Lebih Awal via : http://blog.bradleygauthier.com/

Bagi sebagian orang, bangun lebih awal di pagi hari merupakan hal yang cukup berat. Ada banyak faktor dan penyebab yang membuat bangun lebih awal di pagi hari ini menjadi sesuatu yang berat.

Mulai dari kebiasaan tidur hingga larut malam untuk melakukan sesuatu yang tidak perlu hingga sering membiarkan diri bangun siang.

Membiasakan bangun lebih awal dan disiplin beristirahat disetiap harinya akan membuat kita memiliki waktu yang cukup untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan dan berolahraga agar tubuh kita menjadi tetap bugar.

Dengan begitu, kita akan terhindar dari rasa cemas dan stress karena banyak menunda pekerjaan serta olahraga yang dilakukan secara rutin juga akan membuat tubuh kita menjadi lebih kuat untuk menghadapi berbagai tekanan.

Kebiasaan bangun lebih awal ini banyak dilakukan oleh orang-orang sukses dan sudah terbukti lho. Kalian bisa membaca berita dari Bussiness Insider yang berjudul “24 successful people who wake up really (really) early”

2Olahraga Teratur

Olahraga Teratur via : https://www.colorado.gov

Sudah banyak penelitian yang menunjukan bahwa dengan melakukan olahraga teratur akan meningkatkan kemampuan otak kita.

Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan oleh Harvard. Hasil penelitian tersebut dipublikasikan di Website resmi Hardvard Medical School dan memiliki kesimpulan bahwa olahraga dapat meningkatkan meningkatkan ingatan dan kemampuan berfikir.

Artikel asli : Regular exercise changes the brain to improve memory, thinking skills

Bagi yang tidak terbiasa melakukan olahraga teratur, kegiatan ini akan dirasa cukup berat. Terlebih saat ini ada banyak hal yang membuat kita terus menunda-nunda untuk berolahraga.

3Agak Menjauh dari Teknologi

Agak Menjauh dari Teknologi via : http://www.infoworld.com/

Saat ini perangkat elektronik, terutama gadget telah menguasai bahkan mungkin sudah mengendalikan hidup kita.

Sebagian besar dari kita merasa tidak bisa hidup tanpa gadget ini.

Kalian pernah mengetahui bahwa Steve Jobs, Bos Besar Apple justru membatasi anaknya dalam menggunakan teknologi.

Artikel asli :Steve Jobs Was a Low-Tech Parent

Ini bukan berarti kita harus “menjauhi” semua teknologi. Tetapi gunakanlah teknologi secara bijak dan tidak berlebihan. It’s ok jika kita menggunakan teknologi tersebut untuk sesuatu yang bermanfaat atau untuk membantu pekerjaan kita.

Tetapi semua hal sudah pasti memiliki sisi positif dan negatif. Termasuk teknologi. Dengan bersikap bijak kita bisa membatasi diri sesuai keperluan dan batas kewajaran.

Dengan begitu kita tidak akan menyesal karena telah menghabiskan banyak waktu untuk sesuatu yang tidak ada manfaatnya.

4Mengakui Kesalahan Diri

Mengakui Kesalahan Diri via http://www.human-current.com/

Mengakui kesalahan diri sendiri sudah menjadi hal yang sangat langka saat ini. Bahkan ketika mengetahui bahwa kita adalah penyebab dari sebuah kesalahan, sebagian besar dari kita cenderung mencari alasan (excuse) agar tampak tidak salah-salah banget.

Lebih parahnya lagi jika kita malah mencari alasan supaya tidak tampak kita yang salah. Rasa tidak nyaman ketika kita harus mengakui kesalahan yang kita buat adalah sebuah rasa yang alami.

Tetapi untuk mencapai kesuksesan sangat diperlukan sifat kepemimpinan (leadership). Dan seorang pemimpin sudah seharusnya mengambil sebuah tanggungjawab. Fokus pada masalah dan bukan menyalahkan orang lain (blaming).

5Terus Belajar

Rasanya sudah tidak asing dengan cerita beberapa orang yang super sukses tetapi orang tersebut tidak lulus kuliah atau bahkan tidak memiliki kesemptan untuk kuliah.

Satu hal yang jarang kita sadari. Bahwa untuk belajar, kita tidak perlu tergantung pada suatu kondisi. Melihat kecanggihan teknologi sekarang, seharusnya kita bisa memanfaatkan banyak hal untuk selalu belajar.

Tidak lagi ada istilah bahwa kita baru bisa dan akan belajar ketika kita sekolah atau kuliah.

Pernah dengar pepatah yang disampaikan oleh Steve Jobs : “Stay Hungry. Stay Foolish”.

Untuk selalu menjadi yang terdepan kita tidak bisa berpuas diri pada keadaan atau kesuksesan yang sudah diraih saat itu.

Belajar dimanapun, kapanpun dan dari siapapun akan membuat kita selalu memahami arti sukses dan mengetahui bagaimana untuk selalu sukses.

 Artikel asli : Steve Jobs told students: ‘Stay hungry. Stay foolish.’

6Berbicara di Depan Orang Banyak

Berbicara di Depan Orang Banyak via http://public-speaking.tumblr.com/

Orang sukses mana yang tidak memiliki kemampuan berbicara didepan orang banyak ? 🙂 Kemampuan public speaking ini sangat penting untuk mencapai kesuksesan. Mengapa ?

Karena tidak ada kesuksesan yang bisa dicapai dengan “solo karir” alias hanya diri kita sendiri yang bekerja. Kita memerlukan orang lain untuk mencapai kesuksesan.

Membuat orang lain mau bekerja untuk kita, mau bekerjasama dengan kita dan memahami ide kita memerlukan kemampuan public speaking ini.

Kalian bisa coba tonton beberapa video orang-orang sukses ketika mereka berbicara didepan orang banyak. Mereka memiliki kharisma dan memberikan banyak inspirasi yang membuat orang lain mau melakukan sesuatu. right ?

Bagi sebagian besar orang keahlian public speaking ini merupakan tantangan yang sangat besar dan masih memerlukan latihan serta keberanian.

7Networking

Seperti yang sudah dibahas pada nomor 6, kita memerlukan orang lain untuk mencapai kesuksesan.

Kalian pernah mendapatkan pekerjaan karena mendapat informasi yang mungkin belum lama kalian kenal ?

Memiliki banyak teman berarti meningkatkan peluang kita untuk mencapai kesuksesan. Jarang sekali kesuksesan diraih hanya melalui satu keputusan, satu kali percobaan atau satu kali kesempatan.

Jadi mulai sekarang bangunlah jaringan pertemanan kalian Siapa tahu ada banyak peluang yang bisa kalian ambil.

Ingat, kesuksesan hanya bisa diraih dengan BEKERJA KERAS untuk mencapainya. Dari sekarang. Bukan hanya berimpi tentang kesuksesan. Tapi mulailah bergerak untuk menyusun tangga menuju kesuksesan yang ingin kalian raih.