Seberapa Banyak sih Lulusan Telkom University yang Kerja di Telkom Group ?

7
23234
Lulusan-Telkom-University
Lulusan-Telkom-University

Pertama-tama ane mau ngucapin terima kasih ama mimin yang pada akhirnya menyetujui tulisan ini untuk di-publish.

Asli mimin AnTek yang baru ini lumayan rese’ (Sorry min…) wkwkwk

Tapi ane dapet beberapa hal yang belum ane ketahui sebelumnya. Mimin cuma minta ane merhatiin beberapa hal dari tulisan ane (Katanye sih ada hubungannya ama SEO, sedikit riset sumber tulisan dan keluwesan sebuah tulisan).

Malah ane sempet diusir ama mimin dengan kata-kata “Kalau tulisan ente kaya gitu mending submit aje ke Aksara Kampus atau ke Students UKM CCI. jangan disini.” wkwkwkwk

Asli nusuk banget tu kata-kata si admin… wkwkwk

Oke sekarang kita balik ke judul tulisan ini : “Seberapa Banyak sih Lulusan Telkom University yang Kerja di Telkom Group ?”

Pernah ga temen-temen terbesit pertanyaan diatas ? Kebetulan kalau ane sendiri pernah dan sering. Tapi sampe sekarang ane belum nemuin sumber yang bisa menjawab pertanyaan itu.

Bahkan di Website resmi Telkom University sendiri, ane ga nemuin informasi yang menampilkan lulusan Telkom University udah kerja dimana aja dan jadi apa aja.

Mungkin bagi beberapa orang pertanyaan itu agak aneh atau sedikit mengganggu. Bahkan si jimi, teman mimin antek yang rese sempet nyeletuk gini : “ngapain ente nanya gitu bro ? ngerasa ga dianggap qualified ama keluarga (Telkom Group) sendiri ya ? ” wkwkwk

Tapi emang bener yang dikatain ama jimi. Ane sendiri penasaran karena ingin tau “seberapa besar peluang kita sebagai lulusan Telkom University untuk bisa kerja di perusahaan yang kita tau itu keluarga sendiri ?”

Dengan kata laen, mungkin ane bisa ngatain kaya gini “Seberapa berkualitas sih ane sebagai hasil didikan Telkom University untuk bisa diterima atau dianggap berkualitas ama perusahaan-perusahaan Telkom Group ?”

Karena ane ga punya data atau informasi untuk menjawab pertanyaan tersebut, jadi ane ga bisa nyimpulin apapun tetang hal tersebut.

Tapi ada hal menarik yang bisa ane tulis di artikel ini.

Kebetulan ini merupakan saran dari mimin ke ane untuk nyari informasi tentang orang-orang yang menduduki posisi penting di beberapa perusahaan Telkom Group.

Dengan informasi orang-orang tersebut, ane bisa ngeliat posisi tersebut kebanyakan ditempatin ama lulusan darimana aja.

Ane ngikutin saran mimin karena memang gampang nemuin profil lengkap orang-orang yang menduduki posisi penting di perusahaan seperti Telkomsel & Telkom.

Jajaran Direksi Telkomsel

Logo Telkomsel
Logo Telkomsel

Kita bisa nemuin jajaran direksi Telkomsel ini di halaman berikut : http://www.telkomsel.com/board-of-directors.

Profil Direksi Telkomsel
Jajaran Direksi Telkomsel (Sumber : http://www.telkomsel.com/board-of-directors, Juni 2016)

Ane coba Googling profil dari masing-masing posisi diatas. Mulai dari Ririek Adriansyah hingga Sukardi Silalahi.

  1. Ririek Ardiansyah – Lulusan Teknik Elektro- Institut Teknologi Bandung (ITB) Tahun 1989 (Sumber : aktualita.co & selular.id)
  2. Heri Supriadi – Lulusan Teknik Industri – Institut Teknologi Bandung (ITB) Tahun 1991 (Sumber : Linkedin)
  3. Mas’ud Khamid – Lulusan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) (Sumber : Linkedin)
  4. Priyantono Rudito – Lulusan Teknik Industri – Institut Teknologi Bandung (ITB) Tahun 1991 (Sumber : selular.id)
  5. Sukardi Silalahi – Lulusan Teknik Sipil – Institut Teknologi Bandung (ITB) Tahun 1989 (Sumber : selular.id)

Jajaran Direksi PT Telkom

Logo Telkom
Logo Telkom

Kita bisa nemuin jajaran direksi PT Telkom ini di halaman berikut : http://www.telkom.co.id/tentang-telkom/management-team

Ane ga screen capture halaman tersebut karena panjang. Tapi ane coba list di tabel berikut ini jajaran direksinya.

Alex J. Sinaga Direktur Utama Lulusan Teknik Elektro – Institut Teknologi Bandung (ITB)
Harry M. Zen Direktur Lulusan Teknik Metalurgi – Universitas Indonesia (UI) Tahun 1993
Indra Utoyo Direktur Lulusan Teknik Elektro – Institut Teknologi Bandung (ITB)
Muhammad Awaluddin Direktur Lulusan Teknik Elektro – Universitas Sriwijaya (UNSRI) Tahun 1990
Honesti Basyir Direktur Lulusan Tekni Industri – Institut Teknologi Bandung (ITB) Tahun 1992
Herdy Rosadi Harman Direktur Lulusan Hukum – Universitas Padjadjaran Bandung (UNPAD) Tahun 1986
Abdus Somad Arief Direktur Institut Teknologi Bandung (ITB)
Dian Rachmawan Direktur Lulusan Teknik Elektro – Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS)

Kesimpulan

Rasanya memang ga adil kalau ane menyajikan data jajaran direksi yang bisa kita lihat bahwa beliau-beliau tersebut adalah lulusan tahun 1980an-1990an dan ane berharap ada lulusan Telkom University yang baru saja terbentuk 2013 bisa menduduki posisi tersebut.

Tapi setidaknya ane bisa bilang bahwa sampai saat ini dan berdasarkan data yang ane temuin, ane belum nemuin banyak jejak lulusan kampus “Telkom” di perusahaan besar seperti Telkom dan Telkomsel.

Mungkin kalau ane cari lebih jauh, ane bisa nemuin jejak lulusan kampus kita dengan nama lamanya, entah itu IT Telkom atau STT Telkom.

Kenapa ane penasaran ama hal yang seperti ini, mungkin ane pribadi penasaran dan merasa perlu tahu mengenai potensi lulusan Telkom University untuk bisa diterima di dunia industri.

Dan kebetulan ane ga bisa dapetin data tersebut dari Website resmi Telkom University.

Ane tau perusahaan itu bukan hanya Telkom dan Telkomsel.

Tapi mungkin temen-temen bisa mengambil kesimpulan sendiri mengenai fakta bahwa posisi penting di kedua perusahaan besar tersebut diisi oleh sebagian besar lulusan yang bukan berasal dari Telkom University.

Atau malah fakta lainnya adalah sebagian besar posisi penting di perusahaan besar di indonesia memang diisi oleh lulusan dari ITB, UI, ITS, UGM ?

Sebenarnya selama ane nulis artikel ini, ane berharap dan berdoa semoga adik kelas ane yang sekarang lagi belajar di kampus tercinta bisa mendapatkan bekal yang layak untuk bisa diterima dan bersaing di dunia industri sekarang ini.

Kalaupun tidak bekerja diperusahaan, setidaknya ane berharap ada dan mulai banyak lulusan Telkom University yang sukses berwirausaha dan bisa terus mengangkat nama kampus kita tercinta.

  • xxx-triplex

    Cakep.! Lanjut risetnya

  • Muhamad Erfan Apriyanto

    Cakep! Lanjutkan risetnya.

  • rogers dwiputra

    Untuk ane pribadi sebagai alumni, ngga mau malah masuk telkom, kalau cerita aman sih ia, gaji & pensiun dll, tapi pekerjaan hmm passion… mau tau kunci masuk telkom? Jadilah penurut jangan banyak tingkah, nurut aja ke bos, insya allah langsung keterima haha,

    Penulis kayaknya kurang nih risetnya, coba main – main ke karir alumni, atau wawancarai pengurus FAST anda akan mengerti bahwa alumni keterima kerja di telkom itu bukan prestasi, kita di didik bukan untuk jadi pegawai telkom tapi jadi innovator, oia itu coba di cek lagi BODnya, lulusan kampus ada kok.

    *Maap rada panas saya kalau denger alumni kerja di telkom group wkwkwkwk

    • Sabar gan… lagian penulis memang cuma riset lewat Googling aja. Mungkin FAST ama Kampus ada baiknya publikasi informasi tentang lulusan kampus tercinta di Website resmi. Terlebih kampus kita kan imagenya adalah kampus ICT.

      Lanjutin panasnya gan. Nanti mimin masak telor di agan deh

  • Coba cek sini tante/om, http://bis.telkomuniversity.ac.id/web/profil/alumni/

    Dulu waktu masih kuliah saya buat itu. Tujuannya sama, ingin mengetahui seberapa banyak alumni telkom (khususnya Prodi S1 Sistem Informasi) yang kerja di telkom group.

    Sejak lulus, tidak ada penerus yg update kontennya di web itu.

    Iyah bener kata mas roger om/tante , klo mau riset seberapa banyak lulusan Telkom University (IT, IM, Poltek, Stisi) yang kerja di telkom group ya main-main ke CDC, datanya lengkap, diupdate paling nggak 1 tahun sekali (dulu saya pernah freelance buat itu)..

    • Thank You gan. Kita hargai informasinya. Nanti kita saranin temen-temen untuk maen ke CDC.

      Tapi kok rasanya kurang Sreg ya Gan kalau kampus ICT kurang memanfaatkan ICT untuk publikasi informasi publik. 😀 Kalau pendapat kita ICT itu akan mengurangi kalimat : “kalau mau informasi lengkap maen aja ke kantor kecamatan”

      Sip Gan informasinya

  • Pingback: Ini lho 7 Pertanyaan yang Sulit dijawab oleh Mahasiswa Telkom University - Anak Telkom()