Prihatin ! Pemilihan Ketua Ikatan Alumni Ex. Politeknik Telkom Sepi Peminat

5
508
Pemilihan Ketua Ikatan School of Applied Science Periode 2016-2018
Pemilihan Ketua Ikatan School of Applied Science Periode 2016-2018 (Sumber : https://danunugrahablog.wordpress.com)

Tim Anak Telkom belum lama ini menemukan pengumuman yang mengundang keprihatinan. Setelah ditelusuri ternyata pengumuman tersebut disampaikan oleh Ketua Ikatan Alumni School of Applied Science (SAS dulu bernama Politeknik Telkom) atau yang saat ini dikenal dengan nama Fakultas Ilmu Terapan.

Keprihatinan kami menjadi bertambah jelas ketika mencoba membaca blog yang di-share oleh mas Danu (ketua Ikatan Alumni SAS priode 2014-2016). Berikut ini adalah tautannya : Blog Mas Danu.

Pada blog tersebut mas Danu mengungkapkan perjuangannya selama menjadi ketua alumni. Bahkan mas Danu sempat menyampaikan beratnya tantangan untuk bisa “mengurus” ikatan alumni ini dengan kalimat berikut ini :

“2 tahun di organisasi ini, memberikan suatu kenangan serta perjuangan. betul kata teman-teman alumni, mendirikan organisasi ini ga mudah, bahkan sangat sangat sangat sulit, itulah yang benar-benar saya rasakan untuk membangun organisasi ini. Event-event yang diadakan oleh kami (pengurus) benar-benar sangat minim yang appriciate, bahkan bisa dihitung dengan jari. where are you guys?”

Keprihatinan ini sebenarnya juga sudah terlihat dari judul tulisan mas danu, yaitu : “Regenerasi Organisasi, antara ada atau tiada”

Berikut screen capture bagian isi dari blog mas Danu.

Blog Danu Nugraha
Blog Danu Nugraha (Sumber : https://danunugrahablog.wordpress.com)

Keprihatinan tidak berhenti saja pada isi blog mas Danu. Tim kami coba menghubungi Digital Soldier (DS)  anak telkom untuk menelusuri gambar dan konten tersebut di dunia maya.

Tim DS pun menemukan bahwa pengumuman tersebut muncul kembali di Group FB khusus alumni School of Applied Science.

Pada pengumuman tersebut, pemilihan ketua dan wakil ketua Ikatan Alumni SAS diperpanjang hingga 10 Juli 2016.

Padahal pada pengumuman yang dipublikasi pada tanggal 14 Juni 2016 tertera batas akhir pendaftaran calon ketua dan wakil ketua berakhir pada tanggal 28 Juni 2016 seperti yang terlihat pada poster berikut ini :

Pemilihan Ketua Ikatan Alumni Politeknik Telkom
Pemilihan Ketua Ikatan Alumni Politeknik Telkom (Sumber : https://danunugrahablog.wordpress.com)

Ikatan Alumni Telkom University belum Solid ? Apa penyebabnya ?

Kejadian tersebut bukan hanya mengundang keprihatinan tetapi menimbulkan pertanyaan dibenak kami.

Apa yang menyebabkan alumni atau bahkan mungkin antar mahasiswa Telkom yang sedang menempuh studi saat ini belum memiliki solidaritas dan kepedulian yang tinggi ?

Indikasi rendahnya tingkat kepedulian mahasiswa telkom saat ini bisa terlihat dari reportase yang berhasil dihimpun oleh Tim lain pada artikel : “8 Alasan Mengapa BEM Telkom University Belum diperlukan” beberapa hari yang lalu.

Kami-pun belum bisa menyimpulkan penyebab rendahnya kepedulian dan solidaritas mahasiswa ini.

Tetapi dari beberapa diskusi dengan segelintir senior yang sudah lulus pada sebuah group, ada beberapa hal yang bisa kita sampaikan :

  1. Orientasi Mahasiswa Baru saat ini belum cukup untuk membuat maba mulai memiliki rasa memiliki kampus mereka sendiri.
  2. Program PDKT (Pengenalan Dunia Kampus Telkom) yang sudah lama punah dan tidak lagi diperjuangkan oleh BEM maupun HIMA, mungkin juga jadi penyebab (*pendapat angkatan lama)
  3. Program-program yang ada dikampus saat ini belum atau tidak cukup untuk membentuk dan meningkatkan rasa memiliki dan kepedulian mahasiswa terhadap kampus maupun sesamanya.
  4. Teman-teman sudah lelah 😀 karena kuliah dari senin hingga sabtu dan kebanyakan dimulai 06.30 dan ada yang baru mulai jam 16.30.
  5. Ruh sebagian besar kegiatan kampus sudah hilang sehingga setiap peserta yang hadir hanya merasa perlu hadir saja setelah itu “nothing” atau “not my business again” yang penting sudah dateng.
  6. Sebagian besar kegiatan kampus mungkin hanya sekedar sebuah kegiatan mengisi waktu luang atau waktu untuk relaks sejenak. Acara mungkin tidak membumi. Sehingga yang dirasakan atau yang didapatkan mahasiswa adalah
    • Kalau mau minjem tempat untuk ngadain acara ya dateng ke logistik
    • Kalau mau minta ijin ngadain acara ya dateng ke direktorat kemahasiswaan
    • Setiap acara yang diselenggarakan cukup mengundang perwakilan kampus untuk membuka acaranya
    • Semangat naik sedikit ketika pada pembukaan ada kata-kata motivasi
    • Jalanin acaranya
    • Undang jurnalistik kampus supaya bisa dipublikasi media jurnalistik yang ada tapi belum tentu semua acara dipublikasi diwebsite utama 😀 (yah lumayan buat kerjaan para jurnalis kampus)
    • Selesai dan pulang

Mungkin kita semua harus mencoba mengingat-ingat dan jujur ada berapa banyak acara kampus yang akan ramai karena kita harus di-“paksa” oleh pihak tertentu untuk hadir ?

Hal ini harus menjadi perhatian kita semua agar kedepannya bisa menjadi lebih baik. Lebih Solid dan Lebih Peduli. Demi kebaikan jangka panjang kita bersama.

Kesolidan dan kepedulian ini sangat penting sekali. Teman-teman bisa mempelajari hal ini dari kampus-kampus lain yang dikenal.

Ada banyak cerita ketika kesolidan dan kepedulian alumni akan membawa kebaikan bagi adik-adiknya dan kampusnya.

Akhir kata, yang kita perlukan saat ini adalah kesolidan dan kepedulian kita bersama. Sebuah rasa kesolidan dan kepedulian yang akan dirasakan oleh sebagian besar dari masyarakat Telkom University tercinta.

Bukan hanya sekedar melakukan EKSPANSI dan GATHERING. (Sumber : FAST, CDC TEL-U dan Telkom Internasional Malaysia Adakan Gathering FAST Malaysia di Kuala Lumpur)

Salam AnTek

#AnakTelkomBangga2016 #LetsMakeTelkomUniversityGreatAgain

Sumber-sumber yang menceritakan PDKT :

  1. http://angsajenius.blogspot.kr/2011/07/ospek-it-telkom-pdkt-berjuang-atau.html
  2. http://seratusmimpi.blogspot.kr/2013/08/pdkt-2013.html
  3. http://titaniaita.blogspot.kr/2013/09/pdkt-2013_3.html
  4. https://erpinmerpin.wordpress.com/2013/05/21/pdkt-it-telkom-2012/
  5. http://www.putrapunyacerita.com/2012/09/pdkt-2012-institut-teknologi-telkom.html
  6. http://futriagpgn.blogspot.kr/2014/03/fakta-mahasiswa-it-telkom.html
  7. http://mueezaology.blogspot.kr/2010/11/pdkt-institut-teknologi-telkom-angkatan.html
  8. dan masih banyak lagi

Salah satu Video PDKT :