Meningkatkan Kualitas Kampus melalui Tracer Study 2016 Telkom University

0
671
Tracer Study 2016 Telkom University
Tracer Study 2016 Telkom University

Pada bulan Mei hingga Oktober 2016 ini, Telkom University melaksanakan program Tracer Study bagi lulusan tahun 2014 untuk jenjang D3, S1 dan S2.

Program Tracer Study ini jamak dilakukan oleh setiap universitas untuk melakukan perbaikan sistem dan pengelolaan pendidikan demi meningkatkan kualitas lulusannya.

Sayangnya, masih banyak diantara kita (alumni) yang belum menyadari bahwa program Tracer Study ini adalah program yang sangat penting bagi kampus kita tercinta Telkom University.

Dengan program Tracer Study ini, Telkom University akan mendapatkan banyak informasi berharga dari alumninya untuk melakukan berbagai perbaikan.

Jurnalis dari Students Telkom University pernah menulis artikel yang berjudul “Pentingnya Tracer Study untuk Akreditasi untuk Akreditasi dan Evaluasi Kampus”.

Pada artikel tersebut dijelaskan bahwa hasil dari program Tracer Study diperlukan oleh beberapa pihak seperti Program Studi untuk :

  1. Mengetahui waktu tunggu lulusan. Waktu tunggu adalah waktu yang diperlukan oleh seorang lulusan dari lulus hingga mendapatkan pekerjaan.
  2. Melakukan evaluasi dan perbaikan kurikulum sehingga kurikulum yang dimiliki oleh setiap Program Studi yang ada di Telkom University sesuai dengan kebutuhan industri.
  3. Meningkatkan kerjasama dengan alumni untuk meningkatkan penyerapan dan membantu lulusan fresh graduate Telkom University dalam mendapatkan pekerjaan.
  4. Membuka link atau hubungan dengan perusahaan tempat alumni Telkom Univesity bekerja.

Cara Berpartisipasi

Cara berpartisipasi pada program Tracer Study ini cukup mudah. Teman-teman alumni cukup mengunjungi dan mengisi Google Form pada tautan berikut ini : Tracer Study 2016 (Periode Mei-Oktober 2016)

Tracer Study 2016
Tracer Study 2016 (Sumber : https://students.telkomuniversity.ac.id/)

Berpartisipasi pada program ini tidak akan rugi teman-teman. Selain membantu kampus kita tercinta agar lebih baik, teman-teman juga berpeluang untuk mendapat hadiah Door Prize.

Door Prize nya juga tidak main-main, ada TV LED, Smart Phone, Act Camera dan Voucher belanja. Masalah merk dari Door Prize dipikirin belakangan aja… hehehe…

Contact Person yang bisa dihubungi kalau memerlukan informasi lebih lanjut :

  1. Andy (0812 1418 4046)
  2. Intan (0812 2087 5693)

Masukan untuk Program Tracer Study 2016 Telkom University

Tidak lepas dari ciri khas artikel anaktelkom.com yang selalu kritis tetapi membangun, penulis-pun akan menyampaikan beberapa masukan bagi program Tracer Study 2016 ini.

Pertama, Tracer Study perlu diselenggarakan dengan lebih serius

Melihat dari pengumuman resmi program Tracer Study yang dipublikasi di website career.telkomuniversity, sebenarnya mengundang keprihatinan.

Tracer Study 2016 - Career Telkom University
Tracer Study 2016 (Sumber : http://career.telkomuniversity.ac.id/7662-2/)

Bagaimana tidak mengundang keprihatinan, sebuah program Tracer Study yang sangat penting bagi Telkom University tidak diumumkan dengan tulisan yang cukup lengkap.

Hanya terdiri dari satu buah paragraph dan permohonan kerjasama kepada para alumni untuk mengisi tersebut serta gambar besar yang ditampilkan begitu saja.

Penulis penasaran dan mencoba mencari bagaimana Tracer Study ini disajikan dikampus lain seperti ITB.

Tracer Study ITB
Tracer Study ITB (Sumber : https://karir.itb.ac.id/tracerstudy/)

Pada website resmi karir.itb.ac.id, terdapat beberapa informasi yang berkaitan dengan program Tracer Study ini.

Mulai dari pengumuman event seminar dan sharing Tracer Study hingga tautan untuk melihat laporan hasil Tracer Study di tahun tertentu. (Contoh : Buku Report Tracer Study ITB 2014)

Penulis juga menyampaikan apresiasi kepada jurnalis Student Telkom University yang berusaha untuk mempublikasikan program ini dengan tulisan yang lebih baik (pada artikel : Tracer Study Telkom University 2016 )

Kedua, Laporan Tracer Study Telkom University perlu dipublikasikan

Laporan akhir Tracer Study pada tahun tertentu perlu dipublikasikan sehingga mahasiswa, masyarakat luas bisa mengetahui bahwa kampus Telkom University mampu menghasilkan mahasiswa yang diterima oleh industri.

Keterbukaan ini juga sangat penting bagi kita semua sebagai bahan evaluasi dan akan meningkatkan ikatan antara Alumni, Intitusi dan Mahasiswa Telkom University.

Ikatan yang kuat ini akan membantu Telkom University menjadi lebih baik dan solid untuk jangka panjang.

Tunggu apalagi… ayoo para alumni berkontribusi di program Tracer Study 2016 Telkom University ini….

Salam AnTek

Sumber :

  1. “Tracer Study 2016 Telkom University” – Career Telkom University
  2. “Tracer Study Telkom University 2016” – Students Telkom University
  3. “Pentingnya Tracer Study untuk Akreditasi dan Evaluasi Kampus” – Students Telkom University
  4. “Buku Report Tracer Study ITB 2014” – Karir ITB