Website Telkom University Versus UI, ITB, UGM, ITS & Binus

0
4037
GTMetrix
GTMetrix

Seperti yang tertulis pada bagian sejarah pada situs Resminya, Telkom University digadang-gadang akan menjadi Universitas kelas Dunia (World Class University). Untuk mencapai cita-cita tersebut, Telkom University harus terus melakukan perbaikan diberbagai aspek.

Brand “Telkom” yang disematkan pada nama Telkom University juga memiliki tantangan tersendiri karena Brand Telkom sangat dekat dengan istilah Teknologi. Salah satu teknologi yang sangat dapat dilihat dan diakses oleh orang banyak adalah Website.

Pada Artikel kali ini, Mimin Anak Telkom akan mencoba mengukur Performance Website Telkom University dan Website Universitas Terkenal lainnya seperti UI, ITB, UGM, ITS dan Bina Nusantara dengan menggunakan Tools yang bernama GTMetrix.

Tools GTMetrix ini banyak digunakan oleh para pengembang (Developer) Web untuk mengukur kecepatan sebuah website ketika diakses oleh pengguna dari lokasi tertentu. Kecepatan sebuah Website merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan oleh pengembang karena akan memengaruhi loyalitas pengunjung Website. (Baca : SEO 101: How Important is Site Speed in 2014?)

Tanpa berpanjang lebar, yuk kita lihat hasil Tesnya :

Website Telkom University

GTMetrix - Telkom University
GTMetrix – Telkom University

Seperti yang terlihat pada Gambar diatas, sangat disayangkan hasil pengukuran untuk Website Telkom University mendapat F untuk Pagespeed Score dan D untuk YSlow Score.

GTmetrix memberikan beberapa petunjuk apa saja yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan performance sebuah Website. Mulai dari optimalisasi ukuran dan format gambar hingga saran untuk melakukan minifying file-file css dan Javascript yang digunakan.

Website Universitas Indonesia

GTMetrix - Universitas Indonesia
GTMetrix – Universitas Indonesia

Website Universitas Indonesia mendapat hasil yang lebih baik dari sisi PageSpeed dan YSlow Score. Seperti yang terlihat pada Gambar diatas, Website Universitas Indonesia ini mendapat nilai Sempurna untuk PageSpeed Scorenya, yaitu A.

Website Institut Teknologi Bandung

GTMetrix - Institut Teknologi Bandung
GTMetrix – Institut Teknologi Bandung

Hasil pengujian Website Institut Teknologi Bandung tidak jauh dengan hasil pengujian Website Universitas Indonesia. Kedua Website tersebut memiliki nilai yang sama dari sisi YSlow Score tetapi Website ITB ini memiliki nilai PageSpeed B, lebih rendah dari PageSpeed UI.

Website Universitas Gadjah Mada

GTMetrix - Universitas Gadjah Mada
GTMetrix – Universitas Gadjah Mada

Walaupun Website Universitas Gadjah Mada memiliki PageSpeed Score E (52%) dan YSlow Score D (69%), tetapi hasil ini masih lebih baik dari hasil pengujian Website Telkom University yang memiliki PageSpeed Score F (48%) dan YSlow Score D (62%).

Website Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

GTMetrix - Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
GTMetrix – Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Hasil yang diperoleh Website Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya ini terbilang cukup unik karena Website ITS ini memiliki PageSpeed Score dan YSlow Score yang sama yaitu C, walaupun dari segi presentasenya sedikit berbeda.

Website Universitas Bina Nusantara

GTMetrix - Universitas Bina Nusantara
GTMetrix – Universitas Bina Nusantara

Hasil yang diperoleh Website Universitas Bina Nusantara adalah C untuk PageSpeed Score dan YSlow Score. Mirip dengan hasil Website ITS tetapi berbeda dari sisi presentase yang diraih.

Kesimpulan

Jika melihat dari Page Load, Website Telkom University menempati peringkat kedua (6.2 Second), ITB menempati peringkat pertama (5.6 Second) dan UI menempati peringkat terakhir (14.6 Second).

Berdasarkan Page Load
Berdasarkan Page Load

Jika dilihat dari PageSpeed, Telkom University menempati Peringkat Terakhir (F 48) dan UI menempati peringkat pertama (A 94).

Berdasarkan PageSpeed
Berdasarkan PageSpeed

Jika dilihat dari YSlow, Telkom University menempati peringkat terakhir (D 62) dan ITS menempati peringkat pertama (C 76).

Berdasarkan YSlow
Berdasarkan YSlow

Menempati peringkat terakhir untuk kategori PageSpeed dan YSlow, tampaknya Website Telkom University memerlukan perbaikan dan perhatian lebih. Hal ini sangat penting karena saat ini hampir semua orang akan membuka Website terlebih dahulu untuk mencari informasi mengenai Universitas Tujuan.

Selain itu, melekatnya Brand Telkom pada nama Universitas juga perlu menjadi motivasi untuk membuktikan bahwa Brand tersebut memang menceritakan bahwa Universitas Telkom terdepan dari sisi penerapan ICT.

Bagaimana dengan Website AnakTelkom ?

GTMetrix - AnakTelkom
GTMetrix – AnakTelkom

😀 Sorry ikut Eksis…