Perkuliahan di Waktu Istirahat dan Sholat ?

1
2372
Udah Sholat Belum
Udah Sholat Belum (sumber : http://www.inspiratorfreak.com)

Topik mengenai perkuliahan di Waktu Istirahat dan Sholat sepertinya menarik untuk dibahas. Terlebih di Telkom University hingga saat ini masih banyak perkuliahan yang dilaksanakan pada jam-jam istirahat dan sholat.

Belum lama ini Masjid Syamsul Ulum (MSU) Telkom University cukup gencar mengadakan kegiatan yang mengajak Mahasiswa/i Muslim Telkom University untuk Sholat berjamaah. Hal ini juga yang membuat Freelance Reporter mencari tahu mengenai Sholat Berjamaah via Mbah Google.

Ada hal unik yang Freelance Reporter temukan, ternyata belum lama ini ada berita mengenai Himbauan Kapolda Sumsel kepada Jajarannya untuk mensegerakan Sholat ketika sudah waktunya tiba. Selain itu General Manager Telkom Jakarta Barat dan General Manager Telkom Jatim Utara-pun melakukan hal yang sama. Berikut tautan media yang memuat berita tersebut :

  1. Himbauan Kapolda Sumsel (via Republika Online)
  2. Himbauan GM Telkom Jakarta Barat (via Bersama Islam)
  3. Himbauan GM Telkom Jatim Utara (via Bersama Dakwah)

Himbauan Kapolda Sumsel

Himbauan Kapolda Sumsel

Himbauan Kapolda Sumsel

Jelas terlihat pada gambar diatas bahwa Kapolda Sumsel mengharapkan personel Polri dan Pegawai Negeri Sipil yang berada di lingkungan Polda Sumsel agar menghentikan seluruh aktifitas ketika adzan telah berkumandang dan segera melaksanakan sholat berjamaah di masjid dan mushola terdekat.

Himbauan General Manager Telkom

Surat Edaran GM Telkom
Surat Edaran GM Telkom

Hampir senada dengan Himbauan Kapolda Sumsel, GM Telkom Jakarta Barat juga membuat Surat Edaran yang menghimbau Karyawan dan Mitra Kerja-nya untuk Sholat Berjamaah diawal waktu.

Sungguh luar biasa sekali Himbauan-himbauan diatas, melihat Polda dan Karyawan Telkom memiliki banyak kegiatan dan pekerjaan tetapi pimpinan mereka berusaha tetap mengingatkan betapa pentingnya Sholat diawal waktu dan Sholat berjamaah.

Mungkin Telkom University sebagai institusi pendidikan yang memiliki tugas untuk membentuk karakter para Mahasiswanya perlu mempertimbangkan Himbauan ini. Terlebih institusi pendidikan adalah sebuah lembaga non profit yang seharusnya dapat menerapkan Himbauan ini.

Dugaan Penyebab Perkuliahan di Waktu Sholat dan Istirahat

Freelance Reporter mencoba berdiskusi mengenai Dugaan Penyebab Perkuliahan di Waktu Sholat dan Istirahat iniĀ  dengan beberapa Tim Redaksi Anak Telkom lainnya yang sebagian besar masih berstatus mahasiswa.

Telkom University sebenarnya sudah memiliki Gedung Perkuliahan yang memiliki kapasitas yang sangat memadai seperti Gedung Tokong Nanas atau Gedung Kuliah Umum 10 Lantai yang baru saja diresmikan.

Gedung tersebut mampu menampung hingga 7500 Mahasiswa untuk satu sesi perkuliahan, Belum lagi Gedung A, Gedung B dan Gedung Fakultas Masing-masing yang hingga saat ini juga masih digunakan untuk perkuliahan.

Rasanya dengan Gedung-gedung tersebut seharusnya Perkuliahan di Waktu Sholat dan Istirahat tidak perlu ada lagi. Kecuali Telkom University setiap tahunnya dengan agresif terus menambah jumlah mahasiswa/i, maka Perkuliahan di Waktu Sholat dan Istirahat akan terus ada.

Semoga Himbauan ini menjadi bahan pertimbangan dan inspirasi bagi Telkom University untuk melakukan hal yang sama demi kebaikan bersama… Bagaimana pendapat teman-teman ?

  • M.Raihan Rafiiful Allaam

    setuju dengan shalat tepat waktu min…