PencitraanKah? Aksi TUTUP MATA Presma BEM TEL-U

3
6796
#BukaMataKita
#BukaMataKita

Berdasarkan informasi dari Website Resmi BEM Telkom University, Presma BEM TEL-U akan melakukan teatrikal #BukaMataJokowi dengan mengendarai mobil sejauh kurang lebih 10 kilometer dari Dayeuhkolot ke Gedung Sate dalam keadaan MATA TERTUTUP. Berikut ini adalah tautan asli dari Website BEM Telkom University :

  1. Seruan Aksi TUTUP MATA Presma BEM KEMA TEL-U
  2. Sebuah Refleksi Satu Tahun Pemerintahan Presiden RI ke 7

Aksi ini mendapat tanggapan yang beragam dari kalangan mahasiswa Telkom University sendiri. Ada yang setuju dan ada yang tidak setuju. Yang jelas masing-masing pendapat memiliki alasan masing-masing pula.

Yang Setuju dengan Aksi Ini

Bagi teman-teman mahasiswa yang menyatakan setuju dengan aksi ini, memiliki alasan bahwa Mahasiswa sebagai Agent of Change seharusnya mengingatkan pemimpin negara ini agar selalu dapat mengutamakan kepentingan rakyat dan selalu peka terhadap keadaan rakyatnya.

SeruanBukaMataJokowi
SeruanBukaMataJokowi

Mengingatkan melalui demonstrasi atau sebuah aksi teatrikal plus mencoba menjadi Trending Topic di salah satu sosial media seperti twitter dianggap yang setuju dengan aksi ini sebagai tindakan untuk mengingatkan bagi pemimpin negeri ini. Selain itu hal ini juga dianggap sebagai bentuk kontribusi terhadap bangsa dan negara.

Yang Tidak Setuju dengan Aksi Ini

Sedangkan teman-teman mahasiswa/i Telkom University yang tidak setuju dengan aksi ini menilai aksi ini tidak efektif untuk merubah keadaan. Dari beberapa mahasiswa yang Mimin dan Tim Redaksi temui, mereka berharap aksi peduli bangsa ini bisa dilakukan dengan bentuk lain yang lebih efektif.

Setidaknya ada dua hal yang berhasil Mimin Tangkap dari “Ngobrol Santai” dengan beberapa teman mahasiswa yang Mimin temui.

  1. Aksi Jangka Pendek.
    • Mengadakan Aksi Koin untuk ASAP di Telkom University. Dengan menargetkan Min. Rp. 50.000 per Mahasiswa, maka 25.000 Mahasiswa Telkom University bisa menghasilkan 25.000 x Rp. 50.000 = Rp. 1.250.000.000. Dana sebesar ini setidaknya bisa kita belanjakan untuk sesuatu yang diperlukan masyarakat korban ASAP.
    • Sukarelawan Padamkan API ke Lokasi Kebakaran atau Sukarelawan Bantu Korban ASAP. Kegiatan ini sangat mungkin untuk dilakukan dengan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.
  2. Aksi Jangka Panjang.
    • Gerakan Lulus Tepat Waktu. Dengan mendorong teman-teman agar dapat lulus tepat waktu dengan cara yang bersih dan jujur, akan membuat lulusan Telkom University cepat mendapatkan kerja dan mendapatkan penghasilan. Alumni-alumni ini jika dikelola dengan baik, maka sangat mungkin untuk mengajak para alumni untuk dapat memberikan kontribusi nyata untuk mengatasi masalah yang dihadapi bangsa.
    • Gerakan Menjadi Mahasiswa Bermanfaat Bagi Bangsa dan Negara. Kuliah hanya untuk mengejar nilai dan hanya sekedar lulus, belum tentu dapat memberikan kontribusi yang signifikan untuk mengatasi permasalahan bangsa, tetapi jika BEM dapat mengadakan banyak kegiatan yang mampu mengarahkan Mahasiswa Telkom University ini menjadi Mahasiswa yang bermanfaat bagi bangsa dari segi akademik dan non akademik, sangat mungkin Telkom University menjadi bagian dari solusi bangsa.
    • Gerakan Mahasiswa Berprestasi. Lomba, Tugas Akhir dan Penelitian. Teman-teman dari Universitas lain seperti UI, UGM, ITB, ITS selalu produktif menghasilkan karya-karya yang bermanfaat melalui Lomba, Tugas Akhir dan Penelitian bersama Dosennya. Kita juga seharusnya BISA.

Pendapat AnakTelkom.Com

Mimin dan Tim Redaksi sebenarnya mengapresiasi usaha BEM TEL-U karena berusaha berkontribusi kepada bangsa dan negara. Tetapi Mimin dkk mengkritisi mengenai cara berkontribusinya. Pertimbangkan hal berikut ini :

  1. Masihkah kita harus terus mempertahankan cara berkontribusi kepada bangsa dan negara dengan Demonstrasi dan Aksi Tetrikal ?
  2. Masih Efektifkah Cara Tersebut jika kita berharap akan menjadi solusi jangka panjang ?
  3. Apakah itu cara satu-satunya yang hanya selalu dan sering dilakukan oleh seorang mahasiswa yang katanya Agent of Change ?
  4. Apakah negara lain yang lebih maju dari kita, menjadi maju, makmur dan sejahtera karena mereka selalu melakukan demontrasi dan aksi teatrikal seperti ini ?

Jangan selalu samakan kejadian 1998 dengan aksi-aksi mahasiswa saat ini. Berbeda jaman, berbeda situasi, berbeda kondisi memerlukan AKSI yang BERBEDA.

Disisi lain yang cukup menyedihkan adalah BEM KEMA TEL-U menyatakan :

Pernyataan BEM KEMA TEL_U
Pernyataan BEM KEMA TEL_U

Pertimbangkan kembali hal berikut ini :

  1. Bagaimana Menegakkan Ekonomi yang berdikari dan berbasis kerakyatan kalau generasi mudanya hanya terbiasa dan terlatih untuk melakukan demonstrasi dan protes saja dan pada akhirnya hanya berkontribusi pada meningkatnya angka pengangguran sarjana ?
  2. Penuhi semua janji-janji kampanye ? Wahai BEM yang merupakan wakil Rakyat Telkom University, mana janjimu ? Sudahkah BEM melakukan Refleksi juga ? Jangan-jangan BEM pun sama persis seperti yang kalian tulis tentang presiden kita ?

Apa tindakan BEM mengenai beberapa kejadian-kejadian berikut ini : Sudah lupakah ? atau PURA-PURA Lupa ?

Kalian pikir Video itu hanya bercanda mengenai apa yang sering terjadi ketika SETIAP SEMESTER KITA MELAKUKAN REGISTRASI ? Apa tindakan BEM saat ini ? NOTHING. #BukaMataBEM

Masih ingat masalah Asrama beberapa Tahun lalu ?

Kalian pikir Video itu hanya menggambarkan permasalahan asrama saat itu ? Tengok asrama yang ada sekarang, BLUSUKAN ke daerah kekuasaanmu yang tidak sebesar INDONESIA. Tanya apa yang terjadi ketika pembagian asrama pada angkatan 2015. Apa tindakan BEM saat ini ? NOTHING. #BukaMataBEM

Bagaimana masalah lain yang terjadi akhir-akhir ini ? Mahasiswa Terjebak di Lift ? Pembatasan Jam Kegiatan ? Internet Kampus ? Fasilitas Umum yang perlu diperbaiki dan mendapat perhatian dari pihak kampus ? NOTHING. #BukaMataBEM

#BukaMataJokowi menjadi Trending Topics di Twitter dalam Beberapa Hari ?

Trending Topics dengan memasang advertising pada Kuis Berhadiah Pulsa ? Yakin Trending Topics tersebut merupakan aspirasi murni rakyat yang simpati dengan aksi ini ? Lihat gambar berikut ini :

BukaMataJokowi Trending Topics
BukaMataJokowi Trending Topics

Aksi Tutup Mata adalah Aksi Pencitraan ?

Mungkin. Kami tidak tahu persis, tetapi jika melihat apa saja yang sudah dilakukan oleh BEM KEMA TEL-U 2015 ini, tidak banyak prestasi signifikan yang dihasilkan. pada kegiatan OMB, BEM sudah tidak memiliki kendali penuh untuk membentuk MABA, masalah kegiatan OSJUR pun BEM tidak berkutik, begitu juga dengan kegiatan lainnya.

Tingkat Sikap Kritis terhadap Kampus-pun melemah seperti seseorang yang dikendalikan oleh tuannya. Tak Berkutik, Tak Berdaya, Kebingungan dan Tak menghasilkan yang signifikan. Maka sebelum masa jabatannya berakhir, mungkin diperlukan sebuah aksi yang WOW untuk membuktikan kepada dunia bahwa ada yang bisa dilakukan dan itu HEBOH.

😀 Panas ? Jangan… Demokrasi adalah hak setiap warga negara.