Indahnya Suasana Telkom Sunday Morning di Hari Minggu

0
1474
Telkom-Shock-Market
Telkom-Shock-Market

AnakTelkom.com pernah menulis dengan singkat tentang TSM atau yang kita kenal dengan Telkom Sunday Morning pada artikel 7 Alasan Kita Bangga jadi Mahasiswa Telkom University. Walaupun jika kita melihat keadaan pasar kaget ini, TSM bisa menjadi Telkom Shock Market.

Pada artikel ini, Freelance Reporter akan menampilkan beberapa foto yang diambil pada bulan September dan Oktober 2015 di Lokasi TSM. Bagi Freelance Reporter, suasana TSM masih membuat Shock. karena memang luar biasa sekali para pedagang ini menguasai hampir seluruh jalan menuju gerbang masuk kampus.

TSM sendiri adalah pasar kaget yang selalu muncul dengan dasyat di setiap minggu pagi. Seingat Freelance Reporter, 3-4 Tahun lalu, TSM ini tidak terlalu membuat kita shock alias kaget karena pedagang yang berjualan masih sangat sedikit.

Saat itu sebagian besar pedagang hanya menempati area persis di depan pintu gerbang masuk Politeknik Telkom yang saat ini dikenal dengan nama Fakultas Ilmu Terapan. Tetapi kini, seperti yang bisa pembaca lihat pada foto pertama, hampir seluruh area jalan beraspal dikuasai oleh pedagang.

Lahan = Peluang Bisnis

Suasana Telkom Shock Market
Suasana Telkom Shock Market

Mungkin pembaca pernah mendengar : “Time is Money” tapi di Telkom Sunday Morning : “Space is Money”. Pada foto kedua diatas, pembaca bisa melihat bagaimana kreatifnya tukang parkir. Kreatifitasnya mirip dengan cerita tukang parkir pada artikel : “Parkir di Sekitar Kampus, Mahasiswa TEL-U Pasrah Harus Bayar“.

Satu pelajaran yang bisa Freelance Reporter ambil dari TSM ini adalah ternyata untuk bisa memperoleh uang, hanya perlu jeli melihat PELUANG, LAHAN KOSONG dan NYALI. hahahaha… Jadi ingat prinsip orang-orang dari militer : “Kill or To Be Killed“. Intinya, yang tidak bernyali akan dilibas duluan.

Freelance Reporter juga tidak melihat wajah ketakutan dari para pedagang yang berjualan didepan lokasi Pos Satpam. Semua pedagang dan pengunjung terlihat sangat bahagia di lokasi Telkom Sunday Morning. Walaupun sudah cukup lama berada di Lingkungan Pendidikan, tampaknya semuanya aman-aman saja.

Tantangan Besar Telkom Sunday Morning

Tali Rafia Para Pedagang
Tali Rafia Para Pedagang

Freelance Reporter yakin kita semua pernah mengkritisi banyak hal tentang pemerintah, tapi suasana TSM ini merupakan tantangan besar bagi kita semua dan sebuah BUKTI nyata termassuk bagi Freelance Reporter bahwa TERNYATA KITA TIDAK BISA BERBUAT BANYAK WALAUPUN HAL TERSEBUT ADA DIDEPAN MATA KITA

Freelance Reporter adalah mahasiswa yang dikatakan Agent of Change ?

Pada foto ketiga, para pembaca bisa melihat dengan jelas, bukan hanya jalan akses menuju kampus yang dikuasai penuh oleh para pedagang dan jurangan lahan, tetapi pedagangpun mulai sangat berani memasang Tali Rafia ke bangunan kampus kita.

Wow… kita lihat beberapa tahun kedepan, kreatifitas apalagi yang akan dilakukan oleh para pedagang ini.

TSM di Negara Lain

Cornell Farmer Market
Cornell Farmer Market

Cornell University menghadirkan sebuah pasar sederhana, bersih dan nyaman yang menyediakan produk-produk sayuran lokal. Dengan adanya pasar seperti ini, mahasiswa/i yang ada dapat membeli langsung sayuran yang dihasilkan oleh petani lokal. Terlebih kampus mereka memang berlokasi di daerah yang banyak petani sayurnya.

Brentwood Farmers Market
Brentwood Farmers Market

Seperti yang dilansir oleh Daily Bruin, University California of Los Angeles berusaha meningkatkan penggunaan sepeda untuk pergi ke kampus. Sama dengan kampus kita, hari minggu disanapun terdapat pasar kaget. Tapi yang satu ini kaget karena begitu rapih dan bersihnya pasar yang ada di sebuah jalan.

Beberapa kali Freelance Reporter sempat mendengar jika kampus kita pernah mengunjungi beberapa negara, Freelance Reporter berharap ada banyak hal positif yang bisa ditiru dan direalisasikan. Freelance Reporter tidak mengharapkan kunjungan tersebut hanya seperti kunjungan DPR ke luar negeri yang belum bisa menghasilkan sesuatu yang signifikan.

Harapan kepada BEM Telkom University

Telkom University Sehat 2015
Telkom University Sehat 2015

Belum lama ini BEM University bertemu dengan pejabat-pejabat daerah dan kampus di sebuah event rutin yang bernama Telkom University Sehat 2015. Freelance Reporter memiliki harapan kepada BEM Telkom University sebagai Wakil Rakyat Telkom University untuk bisa menjadikan event Telkom University Sehat 2015 ini benar-benar membuat lingkungan sekitar kampus benar-benar sehat.

Ayo BEM buktikan Taringmu untuk mengubah bangsa ini menjadi lebih baik dengan keberhasilan mengubah daerah sekitar kempus… ;p

Sumber :

  1. Cornell Farmer Market
  2. Daily Bruin