MABA Meningkat, Masjid Syamsul Ulum Tidak Mencukupi

1
1724
Masjid Syamsul Ulum
Masjid Syamsul Ulum

Masjid Syamsul Ulum adalah Masjid utama yang berada di dalam Area Pendidikan Telkom University. Masjid ini menjadi tempat penting bagi Mahasiswa/i Muslim Telkom University untuk menjalankan ibadah dan kegiatan keagamaan.

Masjid Syamsul Ulum (MSU) yang diresmikan oleh Menteri Riset dan Teknologi RI – Prof.Dr.Ing. B.J. Habibie pada Tanggal 29 Mei 1996 ini, memiliki daya tampung hingga 2000 orang Jamaah. Setelah MSU menambah kanopi pada bagian belakang, masjid ini mampu menampung hingga 3000 orang Jamaah.

Dalam dua tahun terakhir, jumlah mahasiswa baru (MABA) Telkom University terus meningkat. Hingga pada tahun 2015 ini, perkiraan jumlah MABA yang diterima mencapai 6500 orang. Mimin Antek (Admin Anak Telkom) memperkirakan bahwa jumlah mahasiswa Telkom University secara keseluruhan bisa mencapai 24.000 Mahasiswa.

Melihat jumlah mahasiswa yang terus meningkat tampaknya Telkom University harus memperhatikan dengan serius beberapa daya tampung dari Fasilitas Umum Kampus yang ada. Salah satunya Masjid Syamsul Ulum.

MABA dan Ortu Datang MSU, Padat

Berdasarkan pantauan Mimin Antek pada hari Jum’at, 07 Agustus 2015, MABA dan Orang Tua MABA memadati Masjid Syamsul Ulum untuk melaksanakan Jum’atan. Beberapa Ortu mengeluhkan kondisi tempat wudhu yang padat dan cenderung tidak ada persiapan serta pengaturan yang cukup baik mengingat kondisi pada minggu tersebut adalah minggu kedatangan mahasiswa baru.

Antrian Wudhu
Antrian Wudhu

Sebagian besar jamaah yang telah melakukan wudhu terlihat agak kebingungan ketika  mencari tempat untuk shalat karena bagian dalam masjid dan bagia belakang masjid yang berkanopi sudah dipadati oleh jamaah yang datang terlebih dahulu.

Melihat kondisi tersebut salah seorang pengurus masjid berusaha mengatur barisan jamaah yang berada didalam melalui pengeras suara, tetapi hal tersebut disambut dengan gumaman jemaah yang mengatakan : “Seharusnya kalau mau membantu dan mengatur bukan pada saat terlihat padat seperti sekarang, kalau sudah tahu akan ada banyak mahasiswa baru datang, ya seharusnya sudah dapat diperkirakan dan dipersiapkan jauh-jauh hari”.

Satu Bulan Berlalu, Kondisi MSU Belum Banyak Berubah

Satu Bulan berlalu, beberapa jum’atan telah dilaksanakan, tetapi tampaknya kondisi MSU dalam menangani membludaknya jamaah yang hendak berjum’atan belum banyak berubah. Menurut pantauan Mimin Antek pada minggu kemarin, 4 September 2015, Jamaah yang datang (Baik Mahasiswa dan Masyarakat Setempat) cenderung harus bergantung pada keberuntungan untuk mendapatkan tempat Shalat.

Berikut ini adalah beberapa dokumentasi yang berhasil Mimin Antek Himpun dari beberapa sumber :

Melihat kondisi ini tampaknya Mahasiswa Telkom University harus memberi atau berbuat sesuatu untuk menghasilkan sebuah solusi. Mengingat dari tahun ke tahun mahasiswa Telkom University akan cenderung semakin banyak.

Yuk kita berbuat sesuatu.. Be Positif.. Anak Telkom – We Are Big and Great Familiy.

Catatan : Jadikan Situs AnakTelkom.com sebagai ajang Sharing, Diskusi dan Berbagi pendapat secara positif. Mohon untuk tidak menuliskan komentar yang berbau SARA dan CACI MAKI. Be Positif, We Are A Big and Great Family

Referensi :

  1. Wikimapia – Masjid Syamsul Ulum
  2. Facebook Masjid Syamsul Ulum

Sumber Gambar :

  1. SOC Telkom University