Buka Kelas Internasional,TEL-U Belum Memiliki Fasilitas Ini

5
5258
TEL-U International Class

Berdasarkan beberapa sumber yang Tim Redaksi temukan dari Website Resmi Telkom UniversityKelas Internasional telah diselenggarakan oleh Telkom University sejak 2 tahun lalu dan saat itu hanya diselenggarakan oleh beberapa Fakultas dan Program Studi saja.

Berdasarkan informasi yang ada pada Website International Office Telkom University, saat ini hampir semua Fakultas dan Program Studi membuka Kelas Internasional. Seperti kita ketahui bersama bahwa teman-teman yang mendaftar di Kelas Internasional ini memiliki kelas khusus yang terletak di Lantai 9 – Gedung Tokong Nanas Alias Gedung 10.

Jika kita melihat Tuition Fee yang dipublikasikan di Halaman pada Website International Office Telkom University, mungkin beberapa dari kita akan cukup kaget 😀 karena biaya per semester yang harus disiapkan ternyata tidak murah. Dari sini Tim Redaksi mencoba menelusuri fasilitas apa saja yang diperoleh oleh Mahasiswa Kelas Internasional ini.

Potongan Gambar Tution Fee Kelas Internasional
Potongan Gambar Tution Fee Kelas Internasional

File Full Screen Shoot Tuition Fee : Tuition Fee Kelas International

Hasil dari pertapaan bersama mbah Google, menelusuri Website resmi Telkom University dan sedikit iseng meminta pertolongan Teman Tim Redaksi untuk mampir ke beberapa tempat di Telkom University, hasilnya adalah artikel yang Tim Redaksi tulis. Apa saja yang perlu diperhatikan oleh Telkom University untuk kelas internasional ini, Yuk kita petakan satu per satu :

Fasilitas Internet

Fasilitas internet yang tersedia di Telkom University saat ini tampaknya perlu diperhatikan kecepatan dan ketersediaannya. Hasil dari ngobrol santai sambil jalan dengan teman-teman, bisa dikatakan bahwa dari sisi kecepatan internet untuk 20 ribu-an mahasiswa Telkom University masih sangatlah kurang. Terlebih menurut teman-teman ada kemungkinan perbedaan kecepatan antara akun mahasiswa dan akun pegawai.

Kecepatan Internet Telkom University
Kecepatan Internet Telkom University

Jika ditinjau dari sisi ketersediannya, teman-teman juga memiliki pengalaman sulit mengakses internet dari beberapa lokasi (*Mohon Maaf dari sebagian besar lokasi) di Telkom University. Sulit mengakses internet ini bukan berarti tidak bisa mengakses internet, tetapi kondisi koneksi internet cenderung tidak stabil.

Selain itu ketersediaan akses poin di beberapa tempat tampaknya perlu juga menjadi perhatian. Tim Redaksi yakin jika Telkom University pernah mengunjungi kampus-kampus di negara tetangga yang memiliki label yang sama “World Class University” pasti merasakan betapa mudahnya melakukan akses internet hampir diseluruh lokasi kampus.

Ada hal menarik yang ditemukan oleh Tim Redaksi mengenai fasilitas internet kampus ini. Tim Redaksi tidak sengaja mengakses halaman Fasilitas pada Website Resmi Telkom University dan tercantum penjelasan :

Fasilitas Internet
Fasilitas Internet

“Fasilitas internet berkecepatan 70 Mbps sharing ke semua pengguna (sivitas akademika) secara gratis dan tersedia 24 jam penuh. Mulai tahun 2005 ada fasilitas hotspot, yaitu pengaksesan intranet dan internet di dalam areal kampus (indoor dan outdoor) dan di indekosan sekitar Universits Telkom meliputi gang Desa, PGA, Adyaksa, Sukapura, dan Sukabirus.

Apakah ini benar-benar terjadi ? ;D CMIIW…

Masih masalah koneksi internet, teman-teman angkatan 2015 yang baru masuk pun sempat mengeluhkan fasilitas internet ini di asrama mereka. Mungkin Telkom University perlu bernegosiasi dengan PT Telkom dan Telkomsel mengenai penyediaan Fasilitas Internet yang layak agar seperti kampus di Negara Tetangga.

Failitas Pendukung

Sebenarnya teman-teman bisa melakukan beberapa komparasi dengan browsing di internet. Fasilitas apa saja yang biasanya tersedia untuk kelas internasional. Setidaknya ada beberapa yang berhasil di-list oleh Tim Redaksi :

  1. Student Lounge
  2. Discussion dan Computer Room
  3. Great Dormitory
  4. Convenient/Cozy  Cafeteria
  5. Sport Center
  6. Merchandise and Book Store
  7. Beautiful Public Park
  8. 18 Hours Open Library

Student Lounge biasanya digunakan oleh mahasiswa/i untuk berkumpul, bersantai atau berdiskusi mengenai Tugas Kuliah. Student Lounge biasanya didesain dengan unik, nyaman dan berwarna. Selain itu dibeberapa Universitas Student Lounge terletak digedung yang mudah diakses dan selalu terbuka hingga 24 jam.

Student Lounge
Student Lounge (sumber : http://unienville.com)

Discussion Room disediakan oleh pihak kampus bagi teman-teman yang memerlukan ruangan khusus berdiskusi tugas kuliah. Berbeda dengan Student Lounge, desain Discussion  Room ini dilengkapi dengan TV LCD besar atau Projector.

Discussion Room
Discussion Room (sumber : http://blogs.terrapinn.com)

Sedangkan Computer Room biasanya disediakan bagi teman-teman yang tidak ingin membawa laptop tetapi ingin tetap bisa mengakses beberapa hal yang memerlukan komputer seperti : mencetak dokumen, browsing, menggunakan aplikasi tertentu, dsb.

Computer Room
Computer Room (sumber: http://enewsletter.ntu.edu.sg)

Gimana Asrama teman-teman Mahasiswa Baru ? masih berurusan dengan saluran mampet, air kuning dan langit-langit yang bocor-kah ? Berikut beberapa gambaran Asrama (Dormitory) yang layak tinggal dari kampus di negeri tetangga.

Student Dormitory
Student Dormitory (sumber : http://www.kevii.nus.edu.sg)
Student Dormitory
Student Dormitory (sumber : http://www.usp.nus.edu.sg)

Bagaimana dengan fasilitas lain seperti : Convenient/Cozy  Cafeteria, Sport Center, Merchandise and Book Store, Beautiful Public Park dan 18 Hours Open Library ?

Jelas Telkom University belum memiliki Cafetaria yang cukup nyaman seperti gambar yang Tim Redaksi dapatkan. Kantin kampus memang tersebar dimana-mana tetapi Cafetaria belum ada.

Untuk fasilitas olahraga, Telkom University sudah memiliki beberapa fasilitas olahraga outdoor seperti lapangan Tenis, Futsal, Basket, dsb. Tetapi sebagian besar kondisinya masih perlu diperhatikan dari sisi kebersihan dan kondisi fisik fasilitas tersebut. Jika TEL-U berniat untuk membuka fasilitas untuk mahasiswa internasional, SAFETY IS EVERYTHING.

Fasilitas olahraga indoor yang sudah dimiliki Telkom University adalah kolam renang indoor yang berada di lantai dasar Gedung 10. Lalu masalah Merchandise and Book Store, memang TEL-U belum punya. Paling TEL-U baru punya T-Mart yang terletak dilokasi yang kurang strategis dan bentuk mini marketnya tidak unik alias mainstream.

T Mart Tel U 2
T Mart Tel U 2 (sumber : malesbanget.com)
T Mart Tel U
T Mart Tel U (sumber : https://pbs.twimg.com)

Beautiful Public Park ? dan 18 Hours Open Library ? ini juga cukup jelas. Taman-taman yang ada disekitar kampus pun bisa dibilang tidak ada yang unik. Tampaknya taman-taman yang nyaman, bersih dan unik perlu ada.

Sebagaian besar jam operasional fasilitas kampus mengikuti budaya lokal belum internasional. Termasuk jam operasional Perpustakaan Telkom University. Selain itu buku-buku yang ada di perpusatakaan juga perlu menjadi perhatian dari segi kualitas, kuantitas dan tingkat keterbaruan buku.

Gallery Fasilitas Kampus yang Keren :

So.. Gimana fasilitas kampus kita untuk teman-teman Kelas Internasional ? Pastikan kepada pihak kampus mengenai fasilitas tersebut. Karena itu hak kalian… Karena dengan biaya tinggi fasilitas yang ada pun harus sesuai.

Sumber :

  1. Strategic Plans Telkom University – Telkom University Official Website
  2. Terlkom University Prospectus – International Office Website
  3. Tuition Fee – International Office Website
  4. Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika – MBTI Official Website
  5. Biaya Kuliah Telkom University – BiayaKuliah.Net
  • Eva

    Betul sekali. Bila ingin adanya pertukaran pelajar, kampus Telkom haruslah dibenahi dengan baik.

  • Agung Mujadid

    18 hours open library?serius?

    • Yes… beberapa universitas bagus diluar perpustakaannya memiliki jam operasional lebih lama. Kalaupun fasilitas peminjaman buku mengikuti jam operasional tetapi fasilitas umu lainnya bisa buka 24 jam

      • Agung Mujadid

        Kok kemarin perpus yg di lc cuma buka sampe jam 7 malem doang?

        • 😀 gan.. coba baca judulnya baik-baik…

          “Buka Kelas Internasional,TEL-U Belum Memiliki Fasilitas Ini”

          Ada kata BELUM-nya gan. Artinya memang di Tel-U belum memiliki fasilitas seperti yang dimiliki fasilitas kampus di luar negeri. Termasuk masalah jam operasional perpus yang mendukung kegiatan belajar mahasiswanya.

          Sorry. Mungkin artikel.kita juga yang perlu diperbaiki sehingga mudah dipahami. Thx gan atas kunjungannt