Alumni STT Telkom Pasti Paham 7 Singkatan ini

1
6012
Logo STT Telkom
Logo STT Telkom

Belum lama ini Tim Redaksi sempat berdiskusi santai dengan salah satu lulusan asli STT Telkom. Dari diskusi santai ini ternyata kisah perkuliahan di STT Telkom banyak yang menarik untuk diangkat. Salah satunya adalah 7 singkatan yang (*mungkin) hanya dikenal oleh para Alumni STT Telkom.

Tapi tidak ada salahnya jika Tim Redaksi Anak Telkom membagi 7 singkatan unik ini kepada teman-teman mahasiswa/i Telkom University. Bagaimanapun, Telkom University tidak bisa lepas dari sejarah STT Telkom dahulu. Yuk kita simak ke-tujuh singkatan tersebut :

  1. Sekolah Tiga belas Tower

    Kampus STT Telkom dahulu memiliki 13 (Tiga Belas) buah Tower Pemancar Radio dilingkungan kampus yang memiliki luas tanah hingga 48 Hektar ini. Saat ini Tower Pemancar Radio ini hanya tersisa 2 (Dua) buah Tower saja. 1 Tower berada di dekat bangunan Information Center Telkom University (Depan Learning Center – Gedung Bangkit – Tidak Jauh dari Danau Galau) dan 1 Tower dibelakang Gedung P – Fakultas Teknik Elektro.

    Tower Pemancar Radio STT Telkom
    Tower Pemancar Radio STT Telkom

    Sejarah dan cerita penting mengenai 13 Tower Pemancar Radio ini akan Tim Redaksi tulis dalam artikel yang berbeda. 😀

  2. Sekolah Tengah-tengah Tower

    Melihat jumlah Tower Pemancar Radio yang ada saat itu (Lihat Poin 1) sudah jelas, teman-teman Mahasiswa/i merasa bahwa STT Telkom saat itu seperti Sekolah yang berada di Tengah-tengah Tower.

  3. Sekolah TeTeleponan

    STT Telkom berdiri karena ada gagasan dari Bapak Ir. Cacuk Sudarijanto yang pada Tahun 1990 sedang menjabat sebagai Direktur Utama (Dirut) PT. Telkom. Saat itu Pesawat Telepon adalah alat komunikasi yang banyak digunakan oleh masyarakat indonesia sehingga Telkom yang image-nya erat dengan Telepon, maka STT pun bisa menjadi Sekolah TeTeleponan.

    Telepon
    Telepon (Sumber : http://rislatel.webs.com)
  4. Sekolah Tinggi-tinggi Teuing

    Pada era 90-an, menempuh jenjang pendidikan hingga tingkat universitas (kuliah) adalah sesuatu yang sangat WAH. Tidak semua orang bisa dan berminat untuk kuliah. Sehingga kalau kata orang sunda mah Tinggi Teuing (Baca: sekali) kalau sekolah ampe ke universitas (kuliah). Atau menurut dugaan Tim Redaksi, teman-teman STT Telkom dahulu sering manjat Tower jadi saja muncul istilah Sekolah Tinggi-tinggi Teuing. CMIIW. ;D

  5. Sekolah Tugas Terus-terusan

    Kalau menurut alumni STT Telkom, Tugas yang sangat banyak memang menjadi ciri khas selama menempuh perkuliahan. Selain tugas dari dosen teori di kelas, tugas praktikum-pun tidak kalah banyak dan menyeramkan. Saking banyaknya tugas kuliah yang diberikan, teman-teman dari STT Telkom merasa bahwa Tugas Kuliah tidak akan berhenti bahkan akan terus ada kecuali setelah lulus dari STT Telkom.

    Tugas Kuliah (Sumber : http://rotasinews.com)
    Tugas Kuliah (Sumber : http://rotasinews.com)
  6. Sekolah Tujuh Tahun Tamat

    Ternyata kuliah hingga tujuh tahun sudah terjadi sejak lama. Ada beberapa faktor yang menyebabkan teman-teman STT Telkom dahulu harus kuliah hingga 7 Tahun. Pertama, TPB alias Mata Kuliah Tingkat Pertama Bersama yang memiliki tantangan yang sangat berat untuk mempelajarinya. Kedua, pada tahun keempat, biasanya teman-teman STT Telkom sudah mulai merasakan wangi dan hangatnya “uang” dari usaha yang dijalankannya. Kedua hal tersebut membuat Tema-tema STT Telkom yang kuliahnya hingga tujuh tahun, lupa jika ada proses perkuliahan yang harus diselesaikan ;D.

    Kuliah Tujuh Tahun
    Kuliah Tujuh Tahun (Sumber : http://sd.keepcalm-o-matic.co.uk)
  7. Sekolah Tamat, Terus masuk Telkom

    Siapa yang tidak pernah mendengar bahwa sejak STT Telkom didirikan, ada sebuah program ikatan dinas yang menjamin lulusan kampus ini akan diterima secara langsung untuk bekerja di PT. Telkom. Program ikatan dinas ini pula yang menjadi daya tarik STT Telkom saat itu. Sayangnya program ikatan dinas ini tidak berlangsung lama dengan beberapa pertimbangan.

    Kuliah Tamat Terus masuk Telkom
    Kuliah Tamat Terus masuk Telkom (sumber:http://www.detik.com | http://www.telkom.co.id/)

 

Sumber

  1. “Tower Pemancar Radio STT Telkom” – rssing.com
  2. “Sejarah Telkom Engineering School” – Official Website of Telkom Engineering School
  3. “Stasiun Radio Malabar dan Tower IT Telkom” – Achmadrizal’s Blog